Home » » Sambut Hari Kemerdekaan, Danlanal Banyuwangi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Sambut Hari Kemerdekaan, Danlanal Banyuwangi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

BANYUWANGI, Responnews.net – Sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang terhadap jasa-jasa para pahlawan, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz, M.Tr.Opsla memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wisma Raga Satria, Jl. Ahmad Yani, Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, pada Sabtu (17/8/2024) dini hari.

Kegiatan dimulai tepat pukul 00.00 WIB, diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, Pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci serta dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang berlangsung dengan penuh khidmat.

Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz, M.Tr.Opsla, mengungkapkan tujuan kegiatan AKRS ini adalah untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, serta untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme. 

"Kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini, bisa kita jadikan sebagai momentum dan pengingat akan perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI,” ungkap Letkol Laut (P) Hafidz.

Selain itu, lanjut Danlanal, AKRS ini juga bisa dijadikan sebagai bahan renungan tentang hikmah yang tersimpul dari peristiwa sejarah. Sehingga bisa dihayati dan dipahami makna perjuangan para pahlawan yang tidak hanya mengorbankan tenaga dan harta saja. 

"Juga mengorbankan darah dan nyawa untuk mengusir penjajah, sehingga Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat dan bermartabat," jelas Danlanal Banyuwangi.

Kegiatan AKRS, dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Banyuwangi dan diikuti oleh Prajurit TNI-Polri yang berada di Kabupaten Banyuwangi termasuk diantaranya Prajurit Lanal Banyuwangi. (**)

Tim
Terimakasih telah membaca !!!

0 comments:

Posting Komentar