Home » » BPJS Kesehatan Galang Aksi Donor Darah Nasional

BPJS Kesehatan Galang Aksi Donor Darah Nasional

Banyuwangi, Responnews.net - (14/08/2024) Dalam rangkaian peringatan ulang tahunnya yang ke-56 sekaligus menjelang HUT ke-79 Republik Indonesia, BPJS Kesehatan menggelar aksi donor darah yang melibatkan partisipasi seluruh pegawai BPJS Kesehatan di penjuru Indonesia. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi, Titus Sri Hardianto menuturkan, aksi kemanusiaan ini merupakah wujud kepedulian dan semangat gotong royong Duta BPJS Kesehatan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. 

”Kami percaya bahwa setetes darah yang disumbangkan sangat berharga. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh pegawai BPJS Kesehatan Banyuwangi untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah ini sebagai bentuk kontribusi nyata kami kepada masyarakat. Semoga aksi ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah,” ujar Titus di Kantor UDD (Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banyuwangi) , Rabu (14/08).

Titus menjelaskan, kegiatan donor darah ini dilaksanakan secara serentak di seluruh kantor BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia. Ribuan Duta BPJS Kesehatan dengan antusias dan sukarela berpartisipasi dalam aksi ini. Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di masing-masing wilayah, diharapkan kantong darah yang terkumpul dapat membantu ketersediaan stok darah yang dapat digunakan untuk membantu bagi masyarakat yang membutuhkan. 

“Aksi ini diharapkan juga sejalan dengan semangat dalam implementasi tata nilai organisasi BPJS Kesehatan yaitu Integritas, Kolaborasi, Pelayanan Prima dan Inovatif yang disingkat INISIATIF. Makna INISIATIF ini diharapkan dapat mendorong seluruh pegawai memberikan layanan yang terbaik bagi peserta JKN,” kata Titus

Dalam kesempatan tersebut Titus mengungkapkan, sebelum melakukan donor darah, Duta BPJS Kesehatan melakukan pendaftaran dengan mengisi data pribadi hingga melakukan skrining kesehatan dengan mengisi riwayat penyakit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah calon telah memenuhi persyaratan secara umum.

“Selain untuk menambah stok ketersediaan kantong darah bagi Palang Merah Indonesia (PMI), donor darah ini juga besar manfaatnya, seperti mencegah risiko terkena penyakit jantung, kolesterol, hingga kanker, menurunkan berat badan, serta bisa mendeteksi penyakit serius. Donor darah juga mendorong proses peremajaan sel-sel darah, artinya darah di dalam tubuh kita akan digantikan oleh darah baru yang lebih baik dan sehat, sehingga tubuh bisa menjadi lebih bugar dan produktif,” ujarnya.

Donor darah juga memiliki peran penting dalam dunia kesehatan, darah yang didonorkan menjadi sumber kehidupan bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah, seperti penderita penyakit kronis, korban kecelakaan, serta mereka yang menjalani operasi. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima donor darah, tetapi juga bagi para pendonor sendiri. Selain berkontribusi dalam membantu sesama, para Duta BPJS Kesehatan yang melakukan donor darah juga mendapatkan manfaat kesehatan.

Kepala UDD PMI Kabupaten Banyuwangi, dr.Rezekiyanti menyampaikan manfaat serta proses pelaksanaan kegiatan donor darah.

“Selamat Ulang Tahun BPJS Kesehatan. Terima kasih atas penyelenggaraan donor darah setiap tahun. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para penerima darah dan juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi pendonor. Selain rutin donor darah, menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga secara teratur juga sangat penting. Olahraga dapat meningkatkan kualitas darah, seperti kadar hemoglobin (Hb) yang idealnya berada di antara 12,5 hingga 16,9. Proses pengambilan darah  yang baik saat donor dilakukan maksimal 12 menit dalam satu sesi. Setelah itu, darah akan menjalani proses pengolahan lebih lanjut untuk memastikan kualitasnya memenuhi standar mutu (QC). Kegiatan donor darah hari ini yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Banyuwangi sangat membantu memenuhi kebutuhan darah di wilayah kami” ungkap Rezekiyanti.


Reporter : Rio
Terimakasih telah membaca !!!

0 comments:

Posting Komentar