Home » » BABINSA DESA TEGALPARE BERSAMA MASYARAKAT PESISIR PANATAI MELAKUKAN PEMBIBITAN DAN PENANAMAN POHON MANGROVE

BABINSA DESA TEGALPARE BERSAMA MASYARAKAT PESISIR PANATAI MELAKUKAN PEMBIBITAN DAN PENANAMAN POHON MANGROVE

Muncar, Banyuwangi, Responnews.net Hutan mangrove merupakan hutan pantai yang airnya naik pada saat air pasang dan turun pada saat air surut.

Mangrove ditemukan di daerah pesisir tropis dan subtropis  di seluruh dunia, Ada 1.81.000 kilometer persegi hutan bakau di dunia, Namun saat ini, luas total hutan ini telah berkurang menjadi kurang dari 150.000 kilometer persegi.

 Sejauh ini, hutan tersebut telah ditemukan di 102 negara, namun hanya 10 negara yang memiliki lebih dari 5.000 kilometer persegi hutan bakau.

Mangrove adalah pohon tropis yang tumbuh subur dalam kondisi yang tidak dapat ditoleransi  sebagian besar kayunya bersifat asin, perairannya yang pesisir, dan pasang surut  yang tak ada habisnya.

Berkat kemampuannya menyimpan karbon dalam jumlah besar,  bakau adalah senjata utama dalam perang melawan perubahan iklim, tetapi terancam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia itu sendiri, untuk itu Babinsa dan Masyarakat pesisir pantai terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hutan bakau di wilayah Kecamatan Muncar khususnya di desa Tegalpare mulai pembibitan sampai dengan penanaman.

Dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui dan mengukur betapa bermanfaatnya pohon Mangrove dalam kehidupan pantai, khususnya untuk ekosistem yang ada di dalamnya, apalagi pohon magrove ini tahan terhadap iklim&cuaca, jadi sangat mudah untuk di budidayakan.

Pendim/bud
Terimakasih telah membaca !!!

0 comments:

Posting Komentar