Home » » Danramil 0825/13 Singojuruh Hadiri “Lapor Pak ” Launching Aplikasi Monitoring Pajak Pada Musrenbang 2023 Kecamatan Singojuruh

Danramil 0825/13 Singojuruh Hadiri “Lapor Pak ” Launching Aplikasi Monitoring Pajak Pada Musrenbang 2023 Kecamatan Singojuruh

Singojuruh, Banyuwangi, Responnews - Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terpusat di Kantor Camat Singojuruh, Sab'tu (25/2/2023) pagi. 

25 Kecamatan di seluruh Kabupaten Banyuwangi mengikuti Musrenbang secara daring di kantor camat masing-masing. Musrenbang 2023 mengangkat tema “Menguatkan ketahanan ekonomi dengan menjaga stabilitas sosial dan infrastruktur terintegrasi melalui kolaborasi, inovasi dan transfromasi,”

Bersamaan dengan itu, pemerintah Kecamatan Singojuruh melaunching "Lapor Pak", layanan transparansi informasi pajak Singojuruh. Dengan sistem aplikasi, pemerintah bisa monitoring Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di setiap desa.

"Jadi agar tidak ada penyalahgunaan setoran pajak pada juru pungut. Ada warna oren itu wajib pajak, kemudian dikembalikan lagi di juru pungut warna merah bata, dan kalau sudah hijau itu sudah lunas," tutur Camat Singojuruh di depan hadirin Musrenbang.

Bibin mengungkapkan, setiap tahun PBB Kecamatan Singojuruh di posisi ranking terendah dari seluruh Kecamatan di Banyuwangi. Namun sekarang berada di lima besar capaian realisasi pembayaran PBB.
“Alhamdulilah kami sekarang urutan 5 besar berkat dukungan dari kepala desa dan berbagai pihak,” ujarnya.

Layanan aplikasi Lapor Pak memungkinkan memonitoring realisasi PBB dari juru pungut masing-masing desa yang sinkron dengan database Badan Pendapatan Kabupaten Banyuwangi secara realtime dan menginduk pada Smart Kampung Banyuwangi.

“Saya berharap aplikasi ini bisa digunakan seluruh kecamatan. Jadi semua kecamatan bisa terpantau. Nanti semua kecamatan harus menggunakan aplikasi ini utnuk PBB-nya,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Hms/budi
Terimakasih telah membaca !!!

0 comments:

Posting Komentar