Home » » SMPN1 SUMBERBARU, 'ciptakan' minuman berupa 'Teh bunga telang'

SMPN1 SUMBERBARU, 'ciptakan' minuman berupa 'Teh bunga telang'

Jember, Responnews.net - Segar, dan mempunyai ciri khas rasa yang enak, itulah yang pertama terucap ketika tim Responnews.net mencicipi minuman yang bersumber dari ekstrak bunga telang yang di buat oleh SMPN1 Sumberbaru, Kabupaten Jember, pada Selasa 24 oktober 2022.

Minuman yang berwarna ungu, dan mempunyai banyak khasiat, itu selain terbuat dari bunga telang, tapi juga ada bahan lain, yang ditambahkan, antara lain sereh, jahe, jeruk nipis, dan Daun pandan wangi.

Dibalik terciptanya teh Bunga telang ini adalah Endah Moerniati, S.Pd. salah satu guru pengajar kesenian di SMPN1 Sumberbaru.
"Minuman ini bisa tahan 1 minggu, jika di taruh di dalam lemari pendingin, bisa tahan selama 2 hari jika di luar lemari pendingin, dan minuman ini mempunyai banyak manfaat, jika di minum dengan takaran yang tepat". Jelas Endah sembari senyum ketika menjawab pertanyaan dari rekan pewarta.

Minuman yang sudah bisa di beli di kantin sekolah dan toko di luar sekolah SMPN1 Sumberbaru ini 'berbandrol' Rp3000 dikantin untuk pelajar, dan harga Rp5000 jika di toko umum diluar sekolah.

Sekedar untuk diketahui Manfaat dari bunga telang yaitu Mengontrol Penyerapan gula darah, baik untuk penderita diabetes, membantu menjaga kesehatan mata dan kulit, mengurangi tingkat kecemasan/ anti stres, mengandung katekin yang berfungsi membakar lemak, menurunkan kadar kolesterol penyebab penyakit jantung, baik untuk pencernaan, meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, mengurangi sakit kepala, Baik untuk penderita asma, mengurangi rambut rontok, sebagai pewarna alami makanan.

"Apalagi Dinas-dinas di pemda Jember merespon baik minuman  rempah kita mas, dalam arti bisa membiasakan minum teh bunga telang yang sudah kami kemas". Tutur Ruda'i kepala Sekolah SMPN1 Sumberbaru.

Tribudi&tim
Terimakasih telah membaca !!!

0 comments:

Posting Komentar